Berminat Buka Usaha Bengkel? Simak Apa Saja yang Wajib Disiapkan!

Industri otomotif menawarkan prospek menjanjikan bagi Anda yang ingin menjalankan usaha. Banyaknya perusahaan pembiayaan yang ada, seperti https://www.dipostar.com/ misalnya, menjadi salah satu alasan mengapa industri ini terus meningkat. Tentunya, hal ini juga membuka banyak peluang usaha terkait otomotif yang bisa Anda manfaatkan, termasuk dalam bidang penyediaan jasa.

 


Jika Anda termasuk orang yang mempunyai keterampilan mengotak-atik kendaraan dan mengenali karakteristik suku cadang, tak ada salahnya untuk membuka bengkel. Seperti jenis usaha lain, tentunya ada sejumlah persiapan yang harus Anda lakukan, yaitu:

 

  • Hitung modal yang dibutuhkan

 

Pertama, buat perhitungan mendetail mengenai modal yang dibutuhkan. Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki atau jika tidak cukup, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman. Membuka bengkel memang membutuhkan modal cukup besar, jadi jangan takut kalau seandainya Anda membutuhkan pinjaman.

 

  • Pilih suku cadang yang sering dicari

 

Suku cadang atau sparepart adalah komponen yang harus diprioritaskan saat Anda membuka bengkel. Selain diperlukan untuk menservis kendaraan, sejumlah pengunjung mampir ke bengkel untuk membeli suku cadang resmi. Prioritaskan dulu suku cadang yang paling penting dan sering dicari kalau bengkel masih terbilang baru. Kalau usaha bengkel sudah berkembang, Anda bisa tambahkan dengan suku cadang lain atau aksesori kendaraan.

 

  • Buka lowongan untuk mekanik atau teknisi

 

Apa Anda sudah mampu membuka bengkel yang cukup besar? Membuka lowongan kerja untuk mekanik atau teknisi profesional sangat direkomendasikan untuk membantu pekerjaan. Beberapa syarat yang wajib dipenuhi profesi ini adalah mampu menangani masalah pada kendaraan, sudah memiliki sertifikat, punya pengalaman, dan memiliki sifat serta sikap baik. Mekanik atau teknisi profesional pun secara tak langsung akan meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan.

 

  • Utamakan pelayanan pelanggan

 

Layanan pelanggan yang baik dan memuaskan menjadi penilaian mutlak dari konsumen. Selain mempekerjakan mekanik terbaik di bidangnya, Anda juga harus menjaga sikap di depan pelanggan dan mampu membangun komunikasi yang baik dengan mereka. Memberikan solusi yang sesuai, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan berani bertanggungjawab adalah hal-hal yang akan menentukan reputasi bengkel Anda di mata mereka.

 

  • Aktif memperluas jaringan atau koneksi

 

Selain menjaring pelanggan, Anda juga harus rajin mencari klien potensial. Bergabung dengan komunitas otomotif khusus bengkel adalah langkah umum yang diambil para pemilik bengkel untuk mencari suku cadang hingga rekan bisnis. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram untuk mempromosikan layanan-layanan bengkel tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

 

Demikian sejumlah persiapan yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan usaha bengkel. Imbangi dengan manajemen keuangan yang baik kalau Anda ingin kondisi finansial bisnis Anda selalu stabil. Ikuti juga perkembangan terkini seputar dunia otomotif untuk meningkatkan kualitas layanan.

Post a Comment

1 Comments

  1. cari montir mesti yang telaten, kerja ceroboh sedikit langsung ditandain sama pelanggan. nice tips min.

    ReplyDelete