HOBI JADI BISNIS SELANJUTNYA BERGABUNG DI PADI UMKM, LANGKAH HEBAT UNTUK MASA DEPAN!

Sebagai platform pengadaan barang dan jasa pemerintah yang hadir pada 2020 lalu membuat antusias para pelaku usaha UMKM untuk bergabung dan menjadikan mimpi mereka terbayarkan setelah mendapatkan pembelian pasti dari platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini. Berbagai keuntungan yang dibeberkan tidak hanya pembelian pasti tetapi juga hal lain seperti pendaftaran yang begitu mudah membuat platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini begitu memudahkan para calon penjual untuk bergabung.

Jika Anda baru berbuka bisnis dan bingung sumber ide bisnis dari mana yang mampu diterapkan sebelum bergabung dengan platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini, pastikan Anda coba trik ini supaya terhindar dari kegagalan saat memulai usaha pertama kali yang dikutip dari sakoo nih.



Pertama, Pastinya setiap orang memiliki lebih dari satu hobi yang ditekuni nya. Untung awalan coba kamu pilih satu hobi mana yang paling menguntungkan untuk bisnis yang akan kamu jalani. Kenapa harus memilih satu? Supaya kamu lebih fokus dalam menjalankan bisnis yang kamu pilih tersebut. Misal, kamu memiliki hobi olahraga dan fotografi. Sekarang kamu pikirkan mana hobi yang akan menguntungkan jika di bisnis kan. Akhirnya kamu memilih fotografi, karena kamu berfikir dari hobi tersebut kamu mendapat banyak uang dari freelancer fotografer, mendapat uang royalti dari lisensi, dan bisa menjadi agency.

Kedua, Mulai lah membuat suatu rencana! Untuk menjadikan hobi kamu menguntungkan diperlukan perencanaan sejak awal! Tanpa adanya rencana awal yang matang, apa yang akan kamu jalankan akan menjadi tidak jelas dan dikhawatirkan akan berhenti tengah jalan. Mulai lah membuat rencana. Mulai dari rencana satu tahun kedepan, dua tahun kedepan, atau bahkan lima tahun kedepan. Kamu juga bisa mengajak teman seperjuangan untuk berdiskusi.

Ketiga, Bisnis yang untung pasti diawali dengan banyaknya pembeli yang akan berdatangan. Tanpa mengenali siapa saja orang yang akan membeli produk/jasa yang kamu tawarkan, kamu tidak akan untung. Jadi langkah selanjutnya adalah segera kenali target pasar bisnis yang akan kamu jalankan! Memanfaatkan pengetahuan kamu untuk menggali siapa saja yang akan membeli produk kamu. Misalnya sebagai contoh, kamu memiliki hobi pada bidang fashion, berarti kamu harus memahami lebih dalam mengenai perkembangan pasar fashion di sekitar kamu. Mulai dari trend apa yang sedang berkembang, mana gaya fashion yang sedang dicari oleh para penggemar fashion, siapakah target pelanggan kamu, aksesoris fashion mana yang sudah tidak diminati oleh para konsumen, dan juga lainnya.

Keempat, Ketika hobi sudah ditemukan, sudah membuat perencanaan dengan matang, dan kamu dapat mengenali target pembeli kamu dengan baik. Segera jual produk/jasa yang kamu tawarkan. Cobalah berbagai cara untuk menjual produk pertamamu! Bisa menawarkan jasa gratis untuk penggunaan jasa pertama atau memberikan diskon terhadap produk yang kamu jual. Cara menuliskan diskon pada produk mu bisa ditulis disini

Kelima, cobalah memasarkannya secara online! Tidak dapat dipungkiri lagi, adanya pandemi yang melanda seluruh dunia membuat kita semua harus segera bertransformasi menuju era digital. Salah satunya adalah menjual produk kami secara online. Jasa maupun barang yang berasal dari hobi kamu tersebut bisa lho dipasarkan secara online. Misal, kamu bisa menawarkan jasa dari hobi kamu melalui website yang kamu buat sendiri supaya banyak orang yang mengetahui kamu menawarkan jasa.

Post a Comment

0 Comments